BID’AH: Pengertian dan Macam-macamnya (Lengkap)

BID’AH: Pengertian dan Macam-macamnya (Lengkap)

Dalam menjalankan ibadah sehari-hari kita selalu berpedoman pada al-Qur’an dan sunnah serta ijma’ ulama, Sehingga ibadah yang kita lakukan lebih mantap. Namun, sering kita menemukan beberapa orang menganggap beberapa perkara ibadah termasuk kategori bid’ah, yang kebanyakan lebih condong pada bid’ah yang tercela. Pertanyaannya, apakah setiap bid’ah itu sesat dan tercela? Pertanyaan tersebut akan kita jawab dalam pembahasan ini.

PENGERTIAN BID’AH

Bid’ah
Silhouette of muslim man praying

Bid’ah adalah mengada ada atau melakukan  sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW.

 

وأخرج البخاري  في صحيحه عن رِفاعة بن رافع الزَّرقي قال: كنا يومًا نصلي وراء النبي صلى الله عليه وسلم، فلما رفع رأسه من الركعة قال: “سمع الله لمن حمده”، قال رجل وراءه: “ربنا ولك الحمد حمدًا كثيرًا طيبًا مباركًا فيه”، فلما انصرف قال: “من المتكلم”. قال: أنا، قال: “رأيت بضعة وثلاثين ملكًا يبتدرونها أيهم يكتبها )صحيح البخاري: كتاب الأذان: باب فضل اللَّهم ربَّنا لك الحمد(

Diriwayatkan oleh Imam Bukhori dalam hadis shohihnya dari Rifaah bin Rofi’ Az-Zarqy ia berkata : Saya pada suatu hari sholat di belakang Rasulullah SAW , ketika beliau mengangkat kepala dari rekaat sholat beliau membaca

سمع الله لمن حمده” seorang laki laki dibelakangnya berkata : ” ربنا ولك الحمد حمدًا كثيرًا طيبًا مباركًا فيه” Maka ketika selesai sholat Rasulullah bertanya :” siapa yang berkata” . Seorang laki laki menjawab” saya” .Beliau bersabda “ Aku melihat tiga puluh lebih dari malaikat begegas untuk mencatat (amal) , mana yang lebih dahulu dicatat.

 

(وروى أبو داود  عن عبد الله بن عمر أنه كان يزيد في التشهد: “وحده لا شريك له”، ويقول: “أنا زدتها”. اهـ   (سنن أبي داود: كتاب الصلاة: باب التشه

Imam Abu dawud meriwayatkan dari Abdullah bin Umar bahwa beliau menambahkan dalam tasyahud وحده لا شريك له dan beliau berkata : saya yang menambahkannya.

▪وقال النووي في كتاب تهذيب الأسماء واللغات  ما نصه: “البدعة بكسر الباء في الشرع هي: إحداث ما لم يكن في عهد رسول الله صلّى الله عليه وءاله وسلم، وهي منقسمة إلى حسنة وقبيحة(. تهذيب الأسماء واللغات، مادة (ب د ع)، (3/22).

Imam An-Nawawy berkata dalam kitab تهذيب الأسماء واللغات : Bid’ah dengan dikasroh ba’nya pengertiannya adalah : mengada ada suatu perkara yang tidak pernah ada pada masa Rasulullah SAW. Itu dibagi menjadi bid’ah yang baik dan bid’ah yang buruk.

▪قال الإمام الشيخ أبو محمد عبد العزيز ابن عبد السلام رحمه الله ورضي عنه في ءاخر كتاب القواعد: البدعة منقسمة إلى: واجبة ومحرمة ومندوبة ومكروهة ومباحة

Syekh Imam Abu Muhamad Abdul Aziz bin Abdis Salam RA. Pada akhir kitab Qowaid beliau berkata: bid’ah dibagi menjadi : wajib, haram, sunah, makruh dan mubah

Di antara macam macam bid’ah :

BID’AH SUNNAH

Bid’ah

Beberapa Bid’ah sunnah antara lain:

1. Memperingati hari lahirnya Rasulullah SAW.pada tanggal 12 robi’ul awal

2. Membaca sholawat Nabi Muhammad SAW dengan keras setelah adzan, dan ini terjadi setelah tahun tujuh ratus hijriyah. Dan sebelumnya masih dipelankan

3. Menulis صلى الله عليه وسلم setelah menulis nama Nabi Muhammad. Dan ini tidak pernah ditulis oleh Rasulullah SAW. Ketika mengirim surat kepada para raja dan pembesar pembesar /tokoh masyarakat pada masa itu.

وقال النووي في روضة الطالبين في دعاء القنوت ما نصه: “هذا هو المروي عن النبي صلى الله عليه وسلم وزاد العلماء فيه: “ولا يَعِزُّ من عاديت” قبل: “تباركت وتعاليت” وبعده: “فلك الحمد على ما قضيت أستغفرك وأتوب إليك”. قلت: قال أصحابنا: “لا بأس بهذه الزيادة”. وقال أبو حامد والبَنْدَنِيجيُّ وءاخرون: مستحبة”. اهـ كلام النووي

Imam An-Nawawy di dalam kitab “ Roudlotut Tholibin” ia berkata dalam doa qunut yang bersumber dari hadis nabi , ulama’ menambahkan  : ولا يَعِزُّ من عاديت sebelum “تباركت وتعاليت” dan tambahan setelahnya : “فلك الحمد على ما قضيت أستغفرك وأتوب إليك” , Imam An-Nawawy berkata bahwa Para ulama’ berpendapat : “لا بأس بهذه الزيادة”.( tidak apa apa dengan tambahan ini). Shekh Abu Hamid dan Shekh Al-Bandanijy dan yang lainnya ini adalah Mustahab (sunnah)

4. Amalan bid’ah tasawwuf yang dilakukan oleh pengikut Nabi Isa AS. Yang dipuji dalam Al-Qur’an

قال الله تبارك وتعالى في كتابه العزيز: ﴿وجعلنا في قلوب الذين اتبعوه رأفةً ورحمةً ورهبانيةًابتدعوها ما كتبناها عليهم إلا ابتغاء رضوان الله﴾ سورة الحديد27

Artinya:

Kami jadikan dalam hati orang- orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang. dan mereka mengada-adakan rahbaniyyah Padahal Kami tidak mewajibkannya kepada mereka tetapi (mereka sendirilah yang mengada-adakannya) untuk mencari keridhaan Allah, lalu mereka tidak memeliharanya dengan pemeliharaan yang semestinya. Maka Kami berikan kepada orang-orang yang beriman di antara mereka pahalanya dan banyak di antara mereka orang-orang fasik.

Ayat ini menunjukkan bahwa ini adalah bid’ah hasanah. Karena isinya memuji umatnya Nabi Isa AS. Yang beriman yang bertakwa dan yang selalu mengikuti Nabi Isa AS.

Firman Allah dalam Al-qur’an di atas , mengandung pujian kepada umatnya Nabi Isa karena mereka ahli kasih sayang, santun dan melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh Nabi isa dengan perbuatan orang sufi ini dilakukan demi untuk menjauhi hawa nafsu dan untuk mendekatkan diri kepada Allah semata.

5. Tambahan dua adzan pada sholat jum’at yang dilakukan oleh sahabat Utsman bin Affan RA.

ففي صحيح البخاري  ما نصه: “حدثنا ءادم قال: حدثنا ابن أبي ذئب عن الزهري عن السائب بن يزيد قال: “كان النداء يوم الجمعة أوله إذا جلس الإمام على المنبر على عهد النبي صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر رضي الله عنهما، فلما كان عثمان رضي الله عنه وكثر الناس زاد النداءَ الثالث على الزَّوراء” )الزَّوْراء: مكان بالمدينة، معجم البلدان (3/156)(صحيح البخاري: كتاب الجمعة: باب الأذان يوم الجمعة(.

Di dalam shohih Bukhory tertulis : Adam  telah menceritakan pada kita , ia berkata Ibnu Abi da’bi telah menceritakan pada kita dari Az-Zuhry dari tsaib bin yazid ia berkata   Seruan adzan pada hari jum’at awalnya ketika imam berada di atas mimbar pada masa Rasulullah SAW , Abu bakar RA, dan Umar RA, ketika Utsman RA. Menjadi kholifah dan manusia bertambah banyak maka belia menambah adzan yang ke tiga di tanah Az-Zauro’ ( Shohihul bukhory: Kitabul jum’at , babul adzan yaumal jum’at)

قال الحافظ في الفتح ما نصه: “وله في رواية وكيع عن ابن أبي ذئب: كان الأذان على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر أذانين يوم الجمعة، قال ابن خزيمة: قوله: “أذانين” يريد الأذان والإقامة،. اهـ فتح الباري (2/393(

Imam Al-Hafidz berkata dalam kitab Al-Fath tertulis dalam riwayat waki’ dari ibnu Abi da’b ; adzan pada masa Rasulullah SAW, Abu Bakar RA.  dan Umar RA. Ada 2 adzan pada hari jum’ah. Ibnu huzaimah berkata yang dimaksud dua adzan pada masa Rasulullah adalah adzan dan Iqomah. (dan sayyidina utsman menambah satu adzan lagi sebelumnya)

 

6. Penulisan titik pada huruf  di dalam Al-Qur’an’

Orang yang pertama menuliskan titik pada Al-Qur’an adalah seorang ahli ilmu, sangat bertakwa, dari kalangan tabiin yang bernama yahya bin Ya’mar. Para Sahabat pada masa Rasulullah ketika menulis Al-Qur’an yang didikte oleh Rasulullah SAW, mereka menuliskan huruf ba’ tak dan lain lain dengan tanpa titik. Begitu juga Sayyidina Utsman bi Affan ketika menulis enam mushaf dan sebagiannya dikirim ke Bashrah, Mekah dan selainnya, masih tetap Mushaf itu belum ada tanda titik.

. روى ابن أبي داود السجستاني  في كتابه المصاحف قال: “حدثنا عبد الله، حدثنا محمد بن عبد الله المخزوميُّ، حدثنا أحمد بن نصر بن مالك، حدثنا الحسين بن الوليد، عن هارون بن موسى قال: “أول من نقط المصاحف يحيى بن يعمر”. اهـ ) كتاب المصاحف، (ص/141(

Ibnu Abi dawud AS-Sajistany di dalam kitabnya Al-Mashohif beliau berkata : Telah mendapatkan cerita dari  Abdullah , telah mendapatkan cerita dari muhammad bin Abdullah Al-Mahzumy ,mendapatkan cerita dari Ahmad bin Nasr bin Malik ,telah mendapat cerita dari Al-Husain bin Walid dari harun bin Musa ia berkata : “ Seseorang yang memberi tanda titik pada Mushaf Al-Qir’an adalah Yahya bin Ya’mar( Kitabul Mashohif h. 141)

Al-Qur’an  sebelumnya tidak ada tanda titik. Kemudian yahya bin ya’mar memberi tanda titik dan tidak ada golongan ulama’ yang menolak. Padahal Rasulullah sebelumnya tidak pernah melakukan.

Di antara bid’ah yang sunah adalah golongan thoriqoh yang di bangun oleh beberapa orang sholeh seperti Thoriqoh Qodiriyah, Thoriqoh Naqsabandiyah dan lain lain

 

BID’AH WAJIB

Bid’ahBid’ah yang wajib dilakukan adalah memberi dalil yang benar pada golongan yang tersesat., belajar Nahwu untuk memahami Al-Qur’an dan Al-Hadits

وقال ابن عابدين في رد المحتار  ما نصه: “فقد تكون البدعة واجبة، كنصب الأدلة للرد على أهل الفرق الضالة، وتعلم النحو المفهم للكتاب والسنة،

Imam Ibnu Abidin Di dalam kitab “Roddul Mukhtar” tertulis : bid’ah ada yang wajib seperti memberi dalil yang benar pada golongan yang tersesat., belajar Nahwu untuk memahami Al-Qur’an dan Al-Hadits

 

BID’AH MAKRUH

Memberi hiasan tulisan Al-Quran  di langit langit rumah  rumah

 

BID’AH MUBAH

وقال ابن عابدين في رد المحتار  ما نصه: ……ومباحة كالتوسع بلذيذ المآكل والمشارب والثياب”. اهـ

Imam Ibnu Abidin Di dalam kitab “Roddul Mukhtar” tertulis : bid’ah mubah seperti meluaskan rizki dengan makanan dan minuman yang lezat serta berbusana yang bagus.

 

BID’AH HARAM

Bid’ah yang berhubungan dengan aqidah :

Bid’ah yang dilakukan oleh orang faham qodariyah yang inkar terhadap qodar yang dipelopori oleh Ma’bad Al-Juhaini dari bashrah

فيزعمون أن الله لم يقدِّر أفعال العباد الاختيارية ولم يخلقها وإنما هي بخلق العباد بزعمهم، ومنهم من يزعم أن الله قدَّر الخير ولم يقدّر الشرَّ،

(التبصير في الدين (ص/63 و 95

Mereka menyangka bahwa Allah SWT tidak mempunyai kemampuan menggerakkan hamba hambanya tapi dengan ikhtiyar mereka , Dan Allah tidak bisa menciptakan /menggerakkan mereka , tapi hamba sendiri yang menggerakkan atas kemauannya sendiri. Sebagian dari mereka berpendapat bahwa Allah mampu membuat kebaikan tapi tidak mampu membuat kejelekan.

Bid’ah yang haram adalah bid’ah yang dilakukan oleh golongan jabariyah atau jahmiyyah yang dipelopori oleh Jaham Bin Sofwan

بدعة الجهميةويسمون الجبرية أتباع جهم بن صفوان  يقولون: إن العبد مجبور في أفعاله لا اختيار له وإنما هو كالريشة المعلقة في الهواء يأخذها الهواء يمنة ويسرة

مِلل والنّحل 1/86

 

Mereka berpendapat bahwa manusia itu di paksa / digerakkan, tidak bisa berbuat apa apa, ia seperti bulu yang tergantung di udara , dibawa oleh udara ke kanan dan ke kiri (kitab al-milal wa al-nihal juz 1, h. 86)

 

Bid’ah yang dilakukan oleh orang khowarij yang mengkafirkan selain golongannya.

بدعة الخوارج الذين خرجوا على سيدنا علي رضي الله عنه، ويكفّرون مرتكب الكبيرة

 ) التبصير في الدين (ص/45 و  62.(

Mereka keluar dari golongan syayyidina Ali karromallohu wajhahu , dan mengkafirkan beberapa golongan yang besar. ( kitab :” tabsyiroh fi Al-Din h. 45 dan 62)

 

فإن قيل: أليس قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فيما رواه أبو داود عن العرباض بن سارية: “وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة”.)رواه أبو داود في سننه: كتاب السنَّة: باب لزوم السنَّة(..

فالجواب: أن هذا الحديث لفظه عام ومعناه مخصوص بدليل الأحاديث السابق ذكرها فيقال:   إن مراد النبي صلى الله عليه وسلم ما أحدث على خلاف الكتاب أو السنة أو الإجماع أو الأثر

Maka apabila ditanya: tidakkah Rasulullah SAW bersabda dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu dawud dari Al-Arbad bin Syariyah : Hindarilah kamu semua dari mengada ada suatu perkara, karena sesungguhnya tiap sesuatu yang diada adakan itu adalah bid’ah dan semua bid’ah adalah sesat.

Maka jawabannya adalah sesungguhnya hadis ini lafatnya umum tapi maknanya khusus dengan dalil hadis yang sudah disebut diatas. Kemudian dijawab : yang dikehendaki oleh Rasulullah sesuatu yang mengada ada /bid’ah adalah jika bertentangan dengan Al-Qur’an , Al-Hadits , ijma’ dan atsar.(

ثم قسم البدعة إلى خمسة أقسام: واجبة ومندوبة ومحرمة ومكروهة ومباحة. ويؤيد ما قلناه قول عمر بن الخطاب رضي الله عنه في التراويح: “نعمت البدعة”،

ـوهذا التقسيم ذكره الشيخ عبد العزيز بن عبد السلام في ءاخر كتاب القواعد مع شىء من التفصيل، ونقله عنه الحافظ في الفتح.

Kemudian bid’ah dibagi menjdi 5 : wajib, sunah, haram, makruh dan mubah. Juga dikuatkan dengan perkataan sayidina Umar bin Khottob RA. Di dalam shalat tarawih ,ini adalah sebaik baik bid’ah’

Pembagian ini disebut oleh Shekh Abdul Aziz bin Abdus salam di akhir kitab qowaiddengan sesuatu penjabaran, serta dinuqil darinya oleh Al-Hafidz di dalam kitab Al-Fath

Semoga berkah dan bermanfaat

Tinggalkan komentar