HAJI: Rahasia ibadah Haji dan Qurban (Lengkap)

HAJI: Rahasia ibadah Haji dan Qurban (Lengkap)

Haji – Maha besar Alloh tuhan robbul izzati yang telah mengatur perputaran roda kehidupan ini, dengan menyembunyikan sebagian rahasia pelaksanaan ibadah haji, agar manusia selalu khawatir dan mengharap  semua ibadahnya diterima di sisi Tuhannya.

Di belahan dunia sana di Makkah Al-Mukarromah jutaan manusia sama kumpul sambil meneteskan air mata. Merenungkan dirinya sebagai hamba Alloh SWT. yang dhoif yang sedang menunaikan ibada haji. Tiada suara yang terdengar di sana melainkan bacaan talbiyah, tasbih, takbir dan tahmid. Juga isak tangis dan rintihan yang selalu terdengar dimana mana karena meratapi kesalahan kesalahan yang sering diperbuat.

RAHASIA PELAKSANAAN IBADAH HAJI

Haji
Haji

Sering kali kita bertanya-tanya: ”apa rahasia dalam  pelaksanaan ibadah haji?”, mengapa ada wuquf, tawaf , sai, berpakaian ihrom, miqot dan lain lain.

 

Maka Jawabannya adalah :

Karena Alloh SWT telah menggambarkan kejadian hari kiamat (mulai manusia meninggal dunia, memakai kain kafan, berangkat dibawa di atas keranda, dibangkitkan dari alam kubur, digiring oleh para malaikat ke padang mahsar, lalu minta syafa’at kepada para Nabi nabi, kemudian di hitung amalnya atau dihisab, dan melewati shirotol mustakim) secara berurutan persis sama dengan pelaksanaan ibadah haji di Makkah Al- Mukarromah,

Mulai berpamitan, pakaian putih tanpa jahitan seperti mayit, berbondong-bondong ke tempat wuquf di Arafah, towaf mengelilingi ka’bah, sa’I (lari-lari kecil dari bukit sofa sampai bukit marwa) dan seterusnya.

 

Shodaqoh sebelum berangkat haji

Mereka yg keluar dari rumah untuk melaksanakan ibadah haji ke Makkah Al-Mukarromah sebelum berangkat mereka mengadakan selamatan, sodaqoh, mengundang tetagga dan saak kerabat, Kemudian saling bermaafan dengan yang ditinggal,ratap tangis tidak jarang menghantar kepergiannya. Ini sebagai gambaran dari Alloh SWT. bahwa:

Orang yang pergi haji itu serupa dengan orang yang meninggal. Segala yg dicintai harus ditinggalkan, kampung halaman, anak,istri, kaum kerabat, handaitolan mereka tinggalkan,bahkan rumah dan kekayaanpun ditinggalkan juga.

 

Berangkat Haji

Mereka semua menaiki kendaraan dengan susah payah, naik pesawat, kapal laut, menyeberang lautan yang melelahkan ditempuh dengan beberapa  waktu. Ini sebagai gambaran dari Alloh SWT. bahwa:

Kendaraan orang yang pergi ibadah haji itu disamakan dengan keranda mayit atau kendaraan mayit menuju alam kubur alam barzah. Yang selalu setia menungu dan membawa anak Adam  ketika giliran nyawanya habis masa kontraknya dari sang pencipta dan terpaksa harus dicabut.

 

Ihram

Mereka semua mengenakan satu jenis pakaian yaitu pakain ihram yang berwarna putih yang tidak ada jahitannya. Ini sebagai gambaran dari Alloh SWT. bahwa:

Pakaian mereka yang serba putih itu diserupakan dengan kain kafan yang menjadi pakaian khas orang yang meninggal dunia.

 

Wukuf

HajiMereka semua melaksanakan wuquf dipadang arafah, semua manusia datang dari seluruh penjuru dunia. Mereka sama berdesakan  berjejal- jejalan di satu tempat yang luas di padang arofah. Ini sebagai gambaran dari Alloh SWT. bahwa:

Mereka yang wuquf dan berkumpul menjadi satu di padang arofah itu disamakan dengan digiring dan dikumpulkannya semua manusia di padang mahsar . Dan ini lebih dahsyat, sebab manusia digiring oleh para Malaikat dari dalam kubur dengan api neraka sampa menuju padang mahsar.

 

Qurban

Bagi seseorang yang menyembelih binatang kurban pada saat hari raya Idul Adha maka ia akan dijemput oleh hewan kurban yang disembelih ketika di dunia. Dan juga menjadi kendaraan ketika ia melewati Syrotol mustaqim kelak di hari kiamat. Dalam hadis Rasululoh SAW bersabda yang artinya ;

“Ketika manusia dibangkitkan dari alam kubur maka Alloh berseru:” wahai para Malaikat jangan biarkan hamba-hambaku berjalan kaki, naikkanlah mereka di atas kendaran hewan kurban mereka

 

Thawaf

Mereka melakukan tawaf dengan berkeliling sebanyak tujuh kali dengan berdesakan dan dilakukan bersama sama. Ini sebagai gambaran dari Alloh SWT. bahwa:

Orang yang melakukan tawaf dengan berkeliling sebanyak tujuh kali itu di ibaratkan dengan orang yang mondar mandir kesana kemari untuk mencari syafaat kepada para Nabi, dimulai dari Nabi Adam.

 

Syafaat

Mungkin timbul pertanyaan: Mengapa ada syafaat?, Apa sebabnya?,

Dalam penuturan quran & hadis. Ketika manusia dibangkitkan dari alam kubur…lalu digiring ke padang makhsyar. fase ini adalah fase yang sangat menakutkan dari dalam diri manusia.

Ketika itu matahari berada diatas kepala semua mahluk Allah, semua makhluk Alloh berdiri tegak menunggu keadilan Alloh selama lima puluh ribu tahun.keringat bercucuran sampai menenggelamkan badannya, ada yang tenggelam sampai selutut, ada yang sampai pusar, ada yang sampai leher dan ada yang tenggelam sekujur tubuhya, jerit dan tangis serta ratapan terdengar di segala penjuru, siapa yang tidak takut ketika itu. Siapa yang kuat menahan penderitaan dan kepedihan ketika itu.

 

Dalil tentang Syafaat

Sebagaimana keterangan penjelasan hadis

كحديث الوعيد في الذي لا يؤدي الزكاة، وأنه إذا كانت زكاته ذهباً أو فضة يكوى بها جنبه وجبينه وظهره في يوم كان مقداره خمسين ألف سنة، وإذا كانت زكاة غنم أو إبل أو غير ذلك فإنه يعذب بها

Artinya : Seperti hadis yang isinya ancaman bagi orang yang meningalkan atau enggan membaya zakat. ( di padang makhsar) Jika zakatnya ( yang ditinggalkan) berupa emas atau perak maka lambungnya, pelipisnya dan punggungnya( yakni seluruh badannya)  akan disungkurkan, ditenggelamkan bersama dengan emas atau perak pada masa yang kira kira lamanya lima puluh ribu tahun. Dan jika  yang tidak dikeluarkan zakatnya adalah kambing unta dan seterusnya, maka ia akan disiksa bersama degan hewan yang  tidak dikeluarkan zakatnya.

Kemudian Alloh SWT mengilhamkan kepada para makhluk. Mereka berkata :” mengapa kita tidak minta pertolongan kepada para nabi saja.  Supaya kita cepat dihisab dihitung amal perbuatan kita dan terhindar dari panas dan takutnya padang makhsar. “Mereka minta syafaat  pada nabi Adam, Nuh, Ibrahim, dan lain lain akan tetapi semua para Nabi ulul azmi tidak mampu untuk memberi safaat ada mereka, Mereka mendatangi Rosululloh Nabi muhammad saw. Dengan suasana yg sangat mencekam, yg menentukan apakah ia trmasuk ahli surga, apa ahli neraka. Mereka berkata: ”Wahai Rosululloh  Berilah kami syafaat disisi Tuhanmu. Rosul menjawab; “Saya punya” .dengan izin Alloh SWT, Rosul bisa memberikan syafaat kepada manusia . Ini adalah syafaat uzma atau syafaat yang agung.

 

Sa’i

Mereka semua melaksanakan sai yaitu lari lari kecil dari bukit sofa sampai bukit marwah. Ini sebagai gambaran dari Alloh SWT. bahwa:

Bahwa di hari kiamat pelaksanaan sa’I didunia disamakan dengan melewati syirotol mustaqim Ketika seseorang yang pergi haji , sa’I nya diterimaoleh Alloh niscaya ia ada harapan melewati syirotol mustakim dengan selamat.

 

Kain Ihram

Kain putih yang dipakai  oleh orang yang ibadah haji itu adalah gambaran dari Alloh bahwa ia akan  bertemu degan Alloh dengan tubuh yan di balut dengan kain putih sebagai tanda kesucian

 

Miqot

Mereka harus masuk ke Makkah melewati mikot dan harus hati hati dengan binatang buas, penyamun dan pengacau. Ini sebagai gambaran dari Alloh SWT. bahwa:

Harus hati hati di miqot ini diserupakan dengan Orang yang baru meninggal dunia. Ia harus hati  hati dengan setan yang menyesatkan,hati  hati dengan ular dialam kubur & hati hati dengan pertanyaan malaikat kubur munkar dan nakir.

 

RAHASIA KURBAN DALAM HARI RAYA IDUL ADHA.

Haji

Mengapa Nabi Ismail disembelih?

Terbunuhnya jutaan hewan biasanya melambangkan kekjaman & kebengisan, namun peristiwa qurban pada hari raya idul Adha merupakan wujud ketakwaan kepada Alloh tuhan Robbul ‘Izzaty & merupakan bentuk kegiatan social sebagai lambang kasih sayang sesama manusia.

Sebagaimana firman Alloh SWT

.اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

  1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. 2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. 3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu Dialah yang terputus

 

Mengapa Nabi Ibrahim AS. disuruh menyembelih Nabi Ismail yang merupakan putranya sendiri? Mengapa Alloh tidak langsung menyuruh Nabi Ibrahim untuk menyembelih kambing

Maka jawabannya adalah:

Sebab Nabi Ibrahim selalu menyembelih 1000 domba, 300 lembu,100 unta في سبيل الله

Setiap orang pasti kagum dengan kedermawanan Nabi Ibrahim bahkan para Malaikat sama kagum kepadanya.

Sehingga terucap dari lisan Nabi Ibrahim AS.: “Sodaqoh sepeti ini tidak ada apa apanya. Demi Alloh andai aku dikaruniai seorang putra pasti aku sembelih في سبيل الله, doa Nabi Ibrahim didengar oleh Alloh SWT, setelah beberapa tahun Nabi Ibrahim dikaruniai seorang anak yang sangat soleh yaitu Nabi Ismail, ketika sang anak menginjak umur tujuh tahun, Beliau diperintah untuk menyembelihnya .

 

MENGAPA HARUS MENYEMBELIH KAMBING ATAU SEJENISNYA

 

Sejarah telah membuktikan bahwa kecintaan Nabi Ibrahim kepada Alloh SWT, melebihi kecintaannya kepada anak . Ini sebagai bentuk keberhasilan ujian Nabi Ibrahim dari Tuhannya. Yang sebelumnya beliau selalu mengunggulkan anaknya dihadapan kaumnya.

Semua manusia sudah terbiasa menaiki kendaraan ketika didunia, maka kendaraan :

  • pertama manusia di dunia adalah pada tulang rusuk ayahnya.
  • Ke-dua adalah perut ibunya.
  • Ke-tiga adalah mobil ketika manusia didarat, kapal ketika manusia di laut, pesawat ketika manusia di udara.
  • Maka kendaraan menuju akhirat adalah hewan kurban yang disembelih ketika di dunia.

Rasulullah SAW. bersabda :

مَنْ كَان لَهُ سَاعَةٌ فَلَمْ يُضَحِّ فَلْيَمُتْ اِنْ شَاءَ يَهُوْدِياًّ وَ اِنْ شَاءَ نَصْرَانِيّاّ

Artinya: “ Barang siapa yang dilapangkan rizkinya (oleh Allah) lalu ia tidak mau berkorban maka hendaklah ia memilih mati dalam keadaan yahudi atau nasrani.

Sangat besar faedah menyembelih kurban  bagi umat islam, akan tetapi sebagian manusia meremehkan hal ini. Dalam sebuah hikayah:

Ahmad bin Ishak bercerita :” Aku punya saudara yang dalam kehidupan sehari harinya dalam keadaan fakir, Akan tetapi ia tiap tahun tidak luput selalu berkorban seekor kambing. Setelah ia meninggal dunia, aku sholat dua rekaat lalu berdo’a :

اللهم اَرِنِي اَخِي فِي نَوْمِي فَأَسْأَلَهُ عَنْ حَالِهِ

Artinya:

“ Ya Alloh pertemukanlah aku dengan saudaraku didalam tidurku, maka aku akan bertanya tentang keadaannya.

Sesudah itu aku tidur dalam keadaan masih mempunyai wudhu’ . Lalu aku bermimpi seakan akan hari kiamat telah tiba. Semua manusia digiring dari tempat pembangkitan alam kubur menuju padang mahsar. Tiba tiba aku melihat saudaraku menaiki kendaran kuda yang berwarna abu abu yang sangat megah. Aku bertanya: “Wahai saudaraku , Apa yang kamu peroleh dari Tuhanmu? “ . “Aku mendapat ampunan dari Tuhanku”, jawabnya. “Kenapa engkau diampuni?, Ia menjawab “ Sebab aku bersedekah kepada wanita tua yang fakir” . Bagaiman dengan kendaraanmu?,” Ia menjawab :” Kudaku ini adalah korban korbanku ketika hidup didunia .”  Menuju kemana engkau? Iamenjawab:” Aku menuju sorga.” Akhirnya ia tidak kelihatan dari pandanganku.

 

ASAL USUL KURBAN DALAM SYARIAT KITA.

Haji            Rasulullah SWT. Memberikan bimbingan kepada kita tentang asal usul kurban. Sebagai penyempurna dari syariat para Nabi Nabi sebelumnya.

Pada zaman jahiliyah sudah ditemukan sebuah budaya kurban yang berlaku dimasyarakat di kala itu. yang mempunyai tujuan berbeda dengan syareat Islam.

  • Orang tua yang menginginkan anaknya baik , maka mereka menyembelih kambing.
  • Orang tua yang menginginkan anaknya perkasa, ahli berperang , maka mereka menyembelih kuda.
  • Orang tua yang menginginkan anaknya pemberani , maka mereka menyembelih singa.

Kemudian islam merubah budaya orang jahiliyah itu menjadi sebuah syariat yang Rohmatan Lil- ‘Alamin.

Kurban bisa diambil manfaatnya ketika seseorang dibangkitkan dari dalam kubur sampai melewati shirotol mustakim.

 

KEISTIMEWAAN 1O HARI PERTAMA BULAN DZULHIJJAH

ALLOH SWT. Bersumpah dalam Al-Qur’an  karena sangat agungnya 10 hari awal pada bulan dulhijjah

والفجر وليال عشر

  1. demi fajar, 2. dan malam yang sepuluh[1],

 

[1] Malam yang sepuluh itu ialah malam sepuluh terakhir dari bulan Ramadhan. dan ada pula yang mengatakan sepuluh yang pertama dari bulan Muharram Termasuk di dalamnya hari Asyura. ada pula yang mengatakan bahwa malam sepuluh itu ialah sepuluh malam pertama bulan Zulhijjah.

Rosululloh SAW. Bersabda: ” Barang siapa yang berpuasa pada hari-hari ini maka Alloh memulyakan dengan 10 kemuliaan:

  1. Diberi umur yang barokah.
  2. Bertambah rizkinya
  3. Dipermudah ketika naza’
  4. Diberi penerang di alam kubur
  1. Keluarganya dijaga
  2. Pahala amalbaiknya diberatkan
  3. Dihapus kejelekannya.
  4. Diselamatkan dari bahaya
  5. Amal kebaikannya dilipatgandakan
  6. Dinaikkan derajat derajatnya

 

Fadhilah 10 hari pertama bulan dzulhijjah

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA. Bahwa Rosululloh SAW bersabda:

  • Pada hari pertama dzulhijjah Nabi Adam AS.diampuni Alloh. “Barang siapa yang mau berpuasa pada hari itu maka Alloh mengampuni segala dosa-dosanya.
  • Pada hari ke 2 dzulhijjah doanya Nabi yunus AS dikabulkan oleh Alloh dan dikeluarkan dari perut ikan ” Barang siapa berpuasa pada hari itu maka sama dengan ibadah selama setahun dengan tanpa bercampur kemaksiatan.
  • Hari ke3 dzulhijjah Alloh mengabulkan doa Nabi zakaria” Barang siapa yang berpuasa pada hari itu maka doa-doanya dikabulkan.
  • Hari ke 4 dzulhijjah Nabi Isa As. Dilahirkan. ” barang siapa yang berpuasa pada hari itu maka Alloh akan menyelamatkan dari perkara yang membahayakan dan feqir”.
  • Hari ke 5 dzulhijjah Nabi Musa AS. dilahirkan .” Barang siapa yang puasa pada hari itu maka Alloh menyelamatkan dari siksa kubur”.
  • Pada hari ke 6 Alloh membuka pintu kebaikan kepada para Nabi-nabiNYA.”Barang siapa yang berpuasa pada hari itu maka Alloh memandangnya dengan pandangan rohmah( kasih sayang)”.
  • pada hari ke7 dzulhijjah Alloh menutup pintu neraka jahannam tidak dibuka lagi kecuali setelah hari ke10 dzul hijjah.” Barang siapa yang berpuasa pada hari itu maka Alloh menutup 30 pintu kesulitan dan membuka 30 pintu kemudahan untuknya”.
  • pada hari ke 8 dzulhijjah adalah hari tarwiyah .” Barang siapa yang berpuasa pada hari itu maka Alloh memberi pahala yang tidak tahu jumlahnya kecuali Allah”.
  • Pada hari ke 9 adalah hari arofah, ” Barang siapa berpuasa pada hari itu maka menjadi penebus dosa-dosanya selama satu tahun sebelumnya dan setelahnya”.
  • Hari ke10 adalah yaumunnahri ” Barang siapa yang berqurban maka dosanya diampuni

Semoga Bermanfaat

Boleh Copypaste materi dari web ini, tapi jangan lupa cantumkan sumbernya ya. Terimakasih.

Tinggalkan komentar