KEUTAMAAN SEDEKAH: Indahnya Berbagi dengan Sesama

KEUTAMAAN SEDEKAH: Indahnya Berbagi dengan Sesama

Sedekah adalah amalan yang punya dimensi vertikal dan horizontal. Keutamaan sedekah sangat banyak jumlahnya. Ia merupakan Penghambaan kepada Allah dan Kepedulian kepada sesama makhluk-Nya. Sedekah memerlukan keberanian dan keluasan hati yang luar biasa, karena sebaik-baik sedekah adalah memberikan sebagian yang kita cintai kepada sesama. Dengan sedekah umat manusia akan terbantu. Dengan sedekah, berharap taraf ekonomi masyarakat akan meningkat, sehingga tercipta kesejahteraan umat.

Pengertian Sedekah

Sedekah adalah amal sholeh yang pelakunya akan merasakan manfaatnya baik di dunia maupun di akhirat. Sedekah adalah mengeluarkan sebagian harta kepada orang lain untuk meringankan beban mereka, baik berupa harta benda maupun non materi. Banyak orang yang berat dan enggan untuk melaksanakannya karena balasan Allah SWT yang sangat besar akan diperlihatkan dan diberikan di akhirat kelak.

Macam-macam Sedekah

1. Menurut Imam Syafi’i

Sedekah yang paling baik menurut imam Syafi’I adalah Sedekah ilmu. Karena ilmu yang diberikan kepada orang lain akan menjadi siraman pahala bagi orang yang sedekah awal. Walaupun si donator meninggal dunia ia akan menerima pahala dari orang lain atau murit muritnya yang mau mengamalkan ilmumya sampai hari kiamat, sebagaiman Hadis Rasulullah SAW.

مَنْ سَنَّ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ اَجْرُهَا وَ اجْرُ منْ عَمِلَ بِهَا اِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ  وَ مَنْ سَنَّ سُنَّةً سَيِّئَةً فَعَلَيْهَ وِزْرُهَا وَ وِزْرُ منْ عَمِلَ بِهَا اِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Artinya :

Barang siapa yang melakukan perbuatan baik maka ia akan mendapatka pahala dan ia juga mendapatkan pahala dari orang yang (meniru) melakukan kebaikan itu sampai hari kiamat, Barang siapa yang melakukan perbuatan jelek maka ia akan mendapatka dosa dan ia juga mendapatkan dosa dari orang yang (meniru) melakukan jelek itu sampai hari kiamat,

2. Menurut Imam Malik

Imam malik berpendapat bahwa Sedekah yang paling baik adalah Sedekah barang . karena Sedekah barang ini sudak maklum dan sudah terkenal di kalangan masyarakat

Mengapa mayit jika dikembalikan hidup di dunia ia memilih berSedekah, tidak memilih sholat, zakat, puasa atau ibadah haji . sebagaimana firman Allah SWT.

(رب لولا أخرتني إلى أجل قريب فأصدق).

Artinya: (Wahai tuhanku andaikata engkau tangguhkan aku kembali hidup di dunia dengan waktu tertentu niscaya aku akan bersedekah,)

Maka jawabannya karena sangat agungnya manfaat Sedekah kepada mayit ketika meninggal dunia. Seseorang berlindung dari api neraka dengan Sedekah yang pernah dilakukan di dunia.

 

Baca Juga: ZAKAT: Pengertian Zakat dan Perbedaannya dengan Shadaqah, Infaq, dan Pajak

 

KEUTAMAAN SEDEKAH

Keutamaan Sedekah

1. MEMBENTUK KARAKTER ANAK

Para Shahabat salafus sholihin ketika menginginkan anaknya menjadi anak yang alim sholeh, ia bersedekah dan berkata : Wahai tuhanku ini adalah sedekahku aku hadiahkan kepada anak anakku untuk mencetak akhlak mereka yang terpuji.” Sebagaimana firman Allah:

وقال الله تعالى: “خذ من أموالهم صدقة تطهرهم وتزكيهم بها”..

Artinya: Ambillah harta harta mereka sebagai Sedekah untuk membersihkan dan mensucikan mereka.

Ketika seseorang tidak menemukan harta dan makanan untuk disedekahkan maka ia bangun tengah malam, membaca surat Al-Baqarah dan berdoa: “Ya Allah ini aku niati dan kuhadiahkan untuk anak anakku, mohon jadikanlah anakku anak yang baik, bagusi perangainya dan perbaiki urusan dunia dan akhirat. sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an:

وليخش الذين لو تركوا من خلفهم ذرية ضعافا خافوا عليهم فليتقوا الله وليقولوا قولا سديدا”..

Artinya: Dan hendaklah hawatir orang orang yang andai meninggalkan keturunan dibelakangnya dengan keturunan yang lemah lemah yang mereka takut padanya, maka hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan berkata dengan kata kata yang baik.

 

MENGHILANGKAN KEJELEKAN SEBAGAIMANA AIR MENYIRAMI API.

 ، وعن عائشة رضي الله عنها أن إمرأة سائلة أتتها ويدها في كمها فقالت لها عائشة : مالك لا تخرجين يدك من كمك ؟ فقالت : يا أم المؤمنين كان لي أبوان وكان أبي يحب الصدقة وأمي تبغضها فما رأيتها تصدقت قط إلا بقطعة شحم وثوب خلق ، فلما ماتا رأيتهما في المنام وكأن القيامة قد قامت ، ورأيت أمي قائمة والشحمة بيدها تلحسها بفيها والثوب الخلق على موضع عورتها وهي تنادي واعطشاه ، ورأيت أبي على شفير (حافة) حوض النبي صلى الله عليه وسلم وهو يسقي الماء وكان يحب سقي الماء في الحر ، قالت : فأخذت من أبي قدحاً من الماء فسقيت أمي فنودي : ألا من سقاها شلت يده فانتبهت وقد شلت يدي كما ترين ، فتعجبت عائشة من ذلك

Diriwayatkan dari sayidah ‘Aisah RA: sesungguhnya ada seorang perempuan datang untuk bertanya sedangkan tangannya disembunyikan di sakunya. Sayyidah ‘Aisyah RA bertanya kepadanya: Kenapa tanganmu tidak kamu keluarkan dari sakumu? Ia menjawab “Wahai ummul mu’minin; saya punya Ayah dan ibu, Ayahku senang bersodaqoh dan ibu benci Sedekah . Aku tidak pernah melihatnya bersedekah sama sekali  kecuali secuil gaje/daging, dan kain jelek. 

Pada waktu keduanya meninggal dunia, aku bermimpi kiamat telah tiba, aku lihat ibu berdiri di neraka sedangkan gaje yang ada di tangannya dijilati di mulutnya, sedangkan kain jelek/gombal digunakan untuk menutupi aurotnya. Ia memanggil “aduh hausnya”. Dan aku melihat ayahku berada dipinggir telaganya Rasulullah SAW. Di surga Sambil mengisi air yang mana ia suka mengisi air untuk orang lain dalam keadaan panas di dunia. Anak perempuan menceritakan: lalu aku ambil satu tempat air (segelas air) kemudian aku minumkan kepada ibuku. dan terdengar seruan: Ingatlah barang siapa yang meminumi ibunya maka tangannya jimpe.kemudian aku terbangun dan tanganku jimpe seperti yang engkau lihat ini . Sayida aisyah heran dengan kejadian itu.

 

DAPAT MEMPERPANJANG UMUR.

Nabi Daud AS. Ketika memberi pengajaran kepada umatnya, beliau didatangi oleh malaikat izroil. Nabi Daud AS. Terkejut dan bertanya:

“Wahai Malaikat Izrail apakah engkau mau menjemputku atau ada hajat lain”. Ia menjawab:

“Wahai Nabi Daud! aku datang untuk memberi tahumu tentang pemuda yang belajar padamu yang umurnya 20 tahun, ia kurang seminggu meninggal dunia. Akan tetapi Nabi Daud as bertanya tanya dalam hatinya, yang sebenarnya si pemuda ini sudah waktunya meninggal dunia tapi tetap masih hidup sampai sekarang,

Malaikat Izrail mendatangi Nabi Dawud ke dua kalinya dan Ia di tanya: Wahai Malaikat Izrail katanya si pemuda ini sudah waktunya meninggal dunia mengapa ia masih hidup. Malaikat Izrail Menjawab:

“Wahai Nabi Dawud memang si pemuda yang ngaji di tempatmu ini sudah dipastikan ajalnya meninggal dunia, aku melihat jatah makan dan minum di jagat, mulai barat sampai timur aku cari sudah habis, ia hanya punya ruh yang berjalan kesana kemari,

Hanya saja pada suatu ,ketika bertemu dengan pengemis ia memberikan uang 6 dinar dan diadoakan oleh si pengemis untuk masuk surga bersama dengan Nabi Dawut dan didoakan panjang umur.”

Karena ia ahli Sedekah dan didoakan setelahnya maka ia dipanjangkan umurnya yang semula umurnya 20 tahun ditambah tiap 1 dinar 10 tahun ( umurnya bertambah 60 tahun) dan umurnya menjadi 80 tahun.

Semoga kita juga senang bersedekah dan dipanjangkan umurnya serta barokah.

 

PENGHANTAR MENUJU SURGA

Imam Abu Hanifah mempunyai tetangga laki laki yang selalu berbuat maksiat kepada Alloh SWT. Yang tiap harinya selalu menyusahkan Imam Abu Hanifah. Imam Abu Hanifah selalu memberi nasehat dengan tanpa jemu jemu. Akan tetapi usahanya tidak mendapatkan hasil dan semakin menjadi jadi. Akhirnya Imam Abu Hanifah putus asa. Akan tetapi pada hari hari berikutnya  Imam Abu Hanifah jarang melihatnya. Ketika tidur Abu Hanifah melihat dalam mimpinya bahwa seorang tetangga laki laki itu berada di surga. Beliau bertanya kepada istrinya: Wahai istri tetanggaku, Apa rahasia suamimu yang selama di dunia berbuat maksiat tapi kulihat dalam mimpiku ia masuk surga”.

Sang istri menjawab: “Suamiku memang seperti itu hanya saja tiap hari jum’at ia mendatangi anak anak yatim ia elus elus rambutnya dan ia memberi sodaqoh kepada mereka serta minta do’a.”

Sungguh istimewa balasan Allah SWT bagi orang yang mau bersedekah terutama di hari jum’at

 

Ketentuan sedekah

Keutamaan Sedekah

  1. Sedekah yang dikeluarkan dari harta yang halal.

Sebagaiman fitman Allah SWT

الله تعالى يقول (يا أيها الذين آمنو أنفقوا من طيبات ما كسبتم)

Artinya: ”Wahai orang orang yang beriman infaqkanlah dari sebaik baik rizkimu yang engkau peroleh.”

  1. Mempercepat Sedekah sebelum datangnya hari yang mana harta tidak bermanfaat.
  2. Sedekah dengan barang atau makanan yang paling baik ,sebagaimana firman Alloh

(الله تعالى يقول : (لن تنالوا البر حتى تنفقوا مما تحبون)

Artinya : “Engkau tidak akan mendapatkan kebaikan sehingga engkau menginfaqkan dari apa apa yang engkau cintai.”

  1. Bersedekah dengan merahasiakan untuk menjauhi riya’
  2. Bersedekah dengan tidak mengundat undat
  3. Bersedekah dengan tidak menyakitkan hati

(قال الله تعالى : (لا تبطلوا صدقاتكم بالمن والأذى(

Janganlah kamu merusak Sedekah kamu semua dengan mengundat undat dan menyakiti hati

Tinggalkan komentar