PUASA SENIN KAMIS: Pengertian, Niat, Tata Cara dan Hikmahnya (Lengkap)

PUASA SENIN KAMIS: Pengertian, Niat, Tata Cara dan Hikmahnya (Lengkap)

Puasa Senin Kamis – Puasa senin kamis adalah salah satu puasa sunnah yang sering dipraktekkan oleh umat Islam, baik dari kalangan anak-anak sampai dewasa. memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk sering melaksanakan puasa sunnah ini. Disebutkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Usamah bin Zaid berbunyi:

قلت يا رسول الله إنك تصوم حتى لاتكاد لاتفطر وتفطر حتى لاتكاد ان تـصوم إلا يومين, إن دخل فى صيامك وإلا صمتها. قال “أي يومين؟” قلت يوم الاثنين ويوم الخميس. قال: ذلك يومان تعرض فيهما الأعمال على رب العالمين فأحبأن يعرض عملى وأنا أصوم

Artinya : “Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

إن فى الجنة بابا يقال له: الريان, يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لايدخل منه أحد غيرهم. فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد.

Artinya: “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Dikatakan: di manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

 

Manfaat Puasa Senin Kamis

Puasa Senin KamisPuasa senin kamis adalah salah satu ibadah yang luar biasa. Sering dilakukan orang-orang sholih karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik dari sisi spiritual, kesehatan, kesuksesan, bahkan tentang jodoh. Berikut manfaat puasa senin kamis yang bisa kami sampaikan:

 

1. Manfaat untuk kesuksesan

Dalam Al-Quran maupun Hadist, memang tidak disebutkan secara jelas bahwa menunaikan puasa sunah senin kamis bisa membuat seseorang serta merta mendapat kepastian kesuksesan dlm hidupnya. Akan tetapi, ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa dengan menunaikan puasa senin kamis doa seseorang untuk memperoleh kesuksesan akan lebih mustajab dan lebih cepat terkabul.

Puasa adalah bagian dari tirakat diri, yakni menahan diri untuk tidak berlebih-lebihan. Sehingga mereka yang sering dan rutin berpuasa menjadi lebih baik dari sisi manajemen hidup. Dan tidak bisa dipungkiri banyak tokoh-tokh sukses adalah pribadi yang terbiasa tirakat atau mereka yang sukses mengelola keinginan dan nafsunya. Dengan berpuasa, mereka menjadi pejuang yang lebih berdaya dari orang-orang pada umumnya.

 

2. Manfaat Untuk Kesehatan

Salah satu manfaat yang menarik dari puasa  adalah ia juga memiliki dampak yang mengagumkan untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa penelitian ilmiah untuk mengetahui manfaat puasa ini telah terbukti dan terangkum dalam jurnal ilmiah menyimpulkan bahwa puasa sunnah senin kamis dan puasa sunnah lainnya dapat memberikan banyak manfaat dari segi kesehatan.

   a. Bermanfaat untuk meremajakan sel kulit.

Secara umum, sel dalam tubuh manusia memang akan dengan cepat tumbuh lalu mati, tapi dengan menjalankan ibadah puasa, khususnya puasa yang rutin dilakukan, proses pergantian sel akan berlangsung lebih cepat dan sel bisa hidup lebih lama. Oleh karenanya, wajar bila banyak wanita yang rutin puasa dapat memiliki penampilan fisik yang lebih cantik dan bersinar. Demikian yang dijelaskan dalam Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Melbourne University bahwa puasa yang rutin bisa membantu meremajakan sel-sel dalam tubuh sedikit-demi sedikit secara teratur.

  b. Membuang toksin / racun dari dalam tubuh.

Dengan puasa akan membuat sistem pencernaan kita bisa beristirahat dan membantu detoksifikasi dapat berlangsung dengan bantuan enzim-enzim yang terkandung dalam lambung

& usus. Hal ini sudah diakui oleh dunia barat dan bahkan sudah dapat buktikan dalam ilmu kedokteran modern. Dengan keluar dan hilangnya racun yang ada dalam tubuh kita, kesehatan kita akan menjadi lebih baik dalam jangka waktu yang panjang dan terhindar dari

penyakit-penyakit berbahaya.

  c. Menurunkan Kadar lemak Jahat.

Puasa senin kamis yang dilakukan secara rutin dapat membantu menyelesaikan masalah kesehatan. Beberapa penyakit kronis bahkan bisa sembuh melalui puasa senin kamis. Dengan berpuasa, maka asupan bakteri penyebab penyakit berkurang dan membantu menormalisasi fungsi tubuh serta mencegah dan mengurangi peningkatan HDL atau kolesterol jahat dan menghilangkannya.

 

2. Memperbaiki kondisi kesehatan sistem pencernaan.

Puasa senin kamis membantu dan menguatkan sistem pencernaan. Dengan puasa, sistem pencernaan manusia memiliki waktu produksi dan istirahat yang teratur sehingga membantu pencernaan untuk bekerja maksimal dan mengeluarkan toksin dari tubuh, meminimalisir kegemukan kelebihan lemak dalam tubuh. Puasa juga mampu meredam hawa nafsu.

 

3. Manfaat Untuk Mendapatkan Jodoh

Puasa melatih diri untuk tidak berlebih-lebihan. Puasa adalah menahan diri dari segala yang dilarang. Dengan kondisi pikiran jernih dan perut yang kosong maka besar potensinya untuk beribadah lebih tenang dan fokus merencanakan program kerja yang mapan.

Bagi remaja yang ingin mendapatkan jodoh, maka tunaikanlah puasa sunnah senin kamis ini untuk mempermudah diri Anda dalam diberi jalan terang dan menemukan jodoh impian. Dengan puasa serta ikhtiar yang maksimal, in sya Allah doa dan hajat yang kita laksanakan akan mudah diijabah oleh Allah SWT dan lebih mudah terkabul, termasuk ketika kita menginginkan jodoh yang baik dan sholeh/sholehah.

 

4. Manfaat dari Segi Spiritual

Puasa senin kamis tidah hanya dapat memberikan manfaat bagi fisik semata. Manfaat lain dari sisi spritual adalah kita dapat menenangkan jiwa, melatih dan mengendalian hawa nafsu, melatih kepekaan terhadap lingkungan sekitar, dan memperbaiki kualitas keimanan kita ke Allah SWT.

Beragam manfaat ini dapat kita dapatkan jika kita yakin bahwa Allah Maha Luas dan Bijaksana. Menjalankan perintah Allah dan rutin menjalankan puasa dengan penuh keistiqomahan. Karena pada hakikatnya keberkahan itu tidak dapat turun sendiri melainkan perlu dijemput dengan munajat dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Mantan presiden Republik Indonesia, BJ. Habibie merupakan orang yang merasakan khasiat dari puasa Senin-Kamis. Puasa bisa membuatnya menjadi tegar, pikirannya terus-menerus segar, dan fisiknya menjadi sehat. Bagi ahli teknologi dan mantan presiden ketiga tersebut, puasa Senin-Kamis yang ia lakukan bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt agar diberikan kesegaran dan kesehatan tubuh serta kecerdasan pikiran. Selain itu, dengan puasa Senin-Kamis, menurutnya Allah Swt memberikan jalan ketenangan bagi jiwanya.

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Puasa Senin KamisPuasa Senin-Kamis merupakan puasa yang dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis. Waktu, adab, dan tata cara puasa ini tidak jauh berbeda dengan puasa pada bulan suci Ramadhan. Bangun sebelum subuh berkumandang, lalu makan sahur. Kemudian dilanjutkan menahan dari makan dan minum serta segala hal yang dapat membatalkan puasa hingga tenggelam matahari / berkumandangnya adzan maghrib, lalu berbuka berbuka.

 

Niat Puasa Senin Kamis

Untuk niat puasa senin kamis sangatlah mudah untuk kita hafalkan dan praktekkan. Bagi sobat yang belum tahu atau belum hafal tidak perlu khawatir karena di artikel ini kita akan belajar bersama menghafalkan niat puasa sunah hari senin dan kamis dalam bahasa arab, latian dan terjemahan nya lengkap dibawah ini.

 

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الْاِثْنَيْنِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

 NAWAITU SHOUMA YAUMIL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

 

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الْخَمِيْسِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA YAUMIL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

 

Niat Berbuka Puasa 

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ أمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Allaahumma laka shumtu wa ‘alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.

Artinya: Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala

 

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

 

Tinggalkan komentar