Sholawat: Keistimewaan, bacaan, waktu dan tempat membacanya (Lengkap)

Sholawat: Keistimewaan, bacaan, waktu dan tempat membacanya (Lengkap)

Sholawat – Sholawat Nabi adalah salah satu amal ibadah yang biasa dikerjakan oleh para muslim. Sholawat Nabi adalah ibadah kepada Allah sekaligus sebagai bukti cinta kita kepada Rasulullah Muhammad SW. Secara bahasa Sholawat bentuk jamak dari kata sholla yang artinya doa. Secara istilah, sholawat artinya doa dan pujian untuk Baginda Nabi Muhammad SAW. Sholawat sendiri ada tiga macam. Pertama, sholawat dari Allah (Rahmat). Kedua, sholawat dari malaikat (Maghfiroh). Ketiga, sholawat dari manusia atau umatnya (permintaan rahmat dan ampunan).

Keistimewaan Membaca Sholawat

Semua amal ibadah seorang hamba kepada Allah SWT yang ikhlas akan diterima oleh Alloh SWT dan yang tidak ikhlas akan ditolak oleh Alloh, kecuali membaca shalawat kepada Rasulullah SAW, Allah pasti akan menerima bacaan shalawat hambanya baik dibaca dalam keadaan khusyu’ atau tidak, dalam keadaan ikhlas atau pun tidak. Ini sebagai keistimewaan dari Alloh kepada umatnya Rasululloh SAW yang gemar membaca sholawat nabi. Di antara keistimewaan itu adalah :

 

Didoakan oleh Alloh SWT

Sungguh agung fadhilah membaca shalawat Nabi sampai Alloh sendiri memberi penghargaan kepada orang yang mau membaca shalawat Nabi kepada Rasulullah SAW.

Sebagaimana sabda beliau Rasululloh SAW:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ مَرَّةً صَلَّى للهُ عَلِيْهِ بهَا عَشْرَةً

Artinya:”Barang siapa  yang membaca shalawat kepadaku satu kali maka Allah membacakan shalawat 10 kali” ( Dalam kitab hadzal habib h.575)

Arti dari Alloh membacakan shalawat kepada hambanya adalah bawa Allah mengapuni dosa dosa seorang hamba. Sehinga dengan hanya membaca shalawat seseorang akan rontok dosanya keika ia mau membaca shalawat

 

Pembuka hijab do’a antara seorang hamba dengan Alloh.

Do’a semua  hamba Alloh kepada Alloh SWT selalu  ditolak  karena terhalang dosa-dosa seorang hamba itu sendiri, maka salah satu cara untuk menembus dinding penghalang itu adalah dengan membaca sholawat kepada Rasulullah SAW.

Dalam hadis Rasulullah SAW bersabda :

ما من دعاء الا بينه وبين السماء حجاب حتى يصلي على الي النبي عليه الصلاة و السلام فإذا صلى

عليه يخرق ذلك الحجاب ويدخل الدعاء وإذا لم يفعل ذلك رجع دعاءه

 Artinya : Tiada suatu do’a kecuali dihalangi oleh hijab ( penghalang) antara doa itu sampai langit, sehingga dibacakan Sholawat kepada  Nabi SAW, jika shalawat dibaca maka penghalang itu bisa terbuka, dan doa masuk ( sampai) , jika ia tidak melakukan itu maka doa itu kembali ( ditolak).

 

Didoakan oleh malaikat

Sholawat Nabi
Sholawat Nabi

Seseorang yang selalu membaca shalawat kepada Rasulullah SAW maka ia dibacakan shalawat oleh malaikat. Arti dari di bacakankan shalawat oleh malaikat adalah bahwa malaikat memintakan ampun atau memintakan istighfar kepada Alloh SWT.

عن عبد الرحمن بن عوف قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ؛ جاءني جبريل وقال يا محمد

لايصلى عليك أحد الا صلى عليه سبعون الف ملك ومن صلت عليه الملائكة من اهل الجنة

 

Artinya: Diceritakan dari Abdurrahman bin Auf ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : Jibril datang kepadaku dan berkata:” Tiada seseorang yang membaca shalawat kepadamu kecuali 70.000 malaikat bershalawat kepadanya, dan barang siapa yang di shalawati oleh malaikat maka ia berhak menjadi penghuni surga.

 

Berdekatan bersama Rasulullah SAW di surga

Orang yang paling banyak membaca shalawat adalah orang yang paling dekat bersama Rasulullah SAW. disurga kelak. Hal ini sering diperebutkan oleh semua orang untuk mendapatkan kedudukan yang mulya disurga . akan tetapi banyak orang yang enggan dan malas untuk membaca shalawat. Rasulullah SAW bersabda :

قال رسول الله صلى الله يه وسلم” أكثروا من الصلاة علي في كل يوم جمعة، فمن كان أكثرهم علي صلاة كان أقربهم مني منزلة”. رواه البيهقي

Artinya:

“Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku tiap hari jum’at, barang siapa paling banyak membaca shalawat kepadaku maka dia lebih dekat denganku ditempatku (surga).

 

Shalawat menjadi syafaat di akhirat kelak.

Sholawat yang sering dibaca oleh seseorang akan menjadi penolong syafaat dari Rasulullah SAW kelak di hari kiamat.Rasulullah SAW bersabda:

من صلى علي حين يصبح عشرا، وحين يمسي عشرا أدركته شفاعتي يوم القيامة.الطبراني

Artinya:Barang siapa  yang membaca solawat 10x pada pagi hari & 10x pade sore hari maka dia akan mendapatkan safaatku di hari kiamat HR. Thobrony.

 

Dipermudah mendapatkan rizki.

Barang siapa yang ingin dipermudah mencari rizki, diberi rizki yang banyak, diberi rizki yang barokah maka hendaklah ia memperbanyak membaca sholawat kepada Rasulullah SAW siang dan malam jum’at. Sebagaimana hadis beliau Rasulullah SAW:

من صلى علي في يوم الجمعة، وليلة الجمعة قضى الله له مائة حاجة سبعين من حوائج الآخرة، وثلاثين حوائج الدنيا”.

Artinya:

“Barang siapa membaca Shalawat kepadaku pada hari jum’at dan malamnya maka Allah SWT akan mencukupi 100 kebutuhannya, 70 dari kebutuhannya di akhirat dan 30 diberikan dari kebutuhan di dunia.

 

Tempat-Tempat Yang Disunnahkan Membaca Shalawat

Sholawat Nabi
Sholawat Nabi

Ada tempat yang wajib membaca shalawat kepada Nabi yaitu ketika seseorang melakukan  sholat lima waktu pada waktu tahiyat akhir.

Di antara tempat tempat bacaan shalawat yang dianjurkan dan sangat disunahkan antara lain:

Sebelum do’a dan sesudahnya

Seseorang yang menginginkan do’anya dikabulkan oleh Alloh hendaklah memulai doanya dengan membaca shalawat kepada rasulullah SAW, lalu meminta segala sesuatu kepada Alloh dan ditutup dengan shalawat kepada Rasulullah SAW.

Ibnu Mas’ud RA. Berkata:” Jika seseorang menginginkan do’anya dikabulkan oleh Alloh maka hendaklah ia memuji kepada Alloh kemudian membaca sholawat kepada Rasulullah SAW. kemudian meminta apa-apa kepada Alloh maka ia akan dikabulkan permintaannya.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

االدّعَاءُ بَيْنَ الصَّلاَتَينِ عَلَيَّ لاَ تُرَدُّ

        Artinya :

“Do’a yang dibaca diantara dua shalawat kepadaku itu tidak akan ditolak”.

 

Pada hari jum’at dan malamnya.

Doa seorang hamba selalu didengar dan dikabulkan oleh Alloh pada hari dan malam jum’at

من صلى علي يوم الجمعة ثمانين مره غُقِرَتْ له ذنوبُه ثمتانين سنةً

Artinya : “Barang siapa yang membaca shalawat pada hari jum’at 80 kali maka dosanya 80 tahun diampuni.

Dalam hadis yang lain Rasulullah SAW bersabda :

“من صلى علي في يوم الجمعة ألف مرة لم يمت حتى يرى مقعده في الجنة”.

Artinya :

“Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku pada hari jum’at 1000 kali maka ia tidak akan mati kecuali ia melihat tempatnya di surga”

 

Ketika mendengar bacaan shalawat dan tulisan shalawat.

Rasulullah selalu menganjurkan kepada umatnya untuk selalu memperbanyak membaca shalawat karena bacaan shalawat ini akan menjadi syafaat di akhirat kelak dan menjadi tiket menuju surga. Rasulullah SAW bersabda:

رَغْمَ اَنْقُ امرِءٍ ذُكِرَتُ عِنْدَهُ وَلَمْ يُصَلِّ عَلَيَّ

Artinya: Kerugian bagi seseorang yang mana ketika aku disebut disisinya ia tidak menjawab shalawat kepadaku.

 

Sering kita jumpai kitab kitab agama sebagai literature keilmuan selalu didahului dengan tulisan pujian kepada Allah SWT lalu bacaan shalawat kepada Rasulullah SAW. Ternyata tulisan shalawat kepada Rasulullah SAW juga mempunyai keutamaan yang sangat baik untuk umatnya. Sebagaimana dalam Hadis Rasulullah SAW bersabda :

من صلى علي في كتاب لم تزل الملائكة يستغفرون له مادام اسمي في ذلك الكتاب

Artinya: “Barang siapa yang bershalawat kepadaku dengan ditulis dalam kitab, maka malaikat tiada henti hentinya memohonkan ampunan untuknya selama namaku masih ada dalam kitab itu”

 

Ketika masuk masjid dan ketika keluar dari masjid

Seseorang yang ingin masuk masjid hendaklah ia membaca Sholawat Nabi:

بِسْمِ الله الرحمن الرحيم و الحمد لله رب العالمين و الصلاة والسلام على رسو ل الله  صلى الله عليه وسلم اللهم اغفر لي ذنبي وافتح لي ابواب رحمتك

Artinya : “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, dan segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam, Sholawat dan salam kepada Rasulullah SAW. Ya Allah ampunilah dosaku dan bukalah untukku pintu rahmatmu’.

Ketika keluar dari masjid seseorang membaca اللهم اغفر لي ذنبي وافتح لي ابواب فضلك

Artinya:” Ya Allah ampunilah dosaku dan bukalah untukku pintu keutamaanmu”.

 

Setelah takbir ke dua dari shalat jenazah

Seseorang yang mensolati mayit setelah takbir ke 2 adalah membaca sholawat Nabi kepada Rasulullah SAW. dan diteruskan dengan shalawat ibrahimiyah. Yang bacaannya sama dengan bacaan tahiyat akhir dalam shalat.

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد كما صليت على سيدنا ابراهيم وعلى ال سيدنا ابراهيم و بارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد كما باركت على سيدنا ابراهيم وعلى ال سيدنا ابراهيم في العالمين انك حميد مجيد

 

HIKAYAH BAROKAH MEMBACA SHALAWAT

Pemuda pendosa masuk surga sebab banyak membaca shalawat.

Ketika hari kiamat tiba semua manusia sama panik, ketakutan, tidak ada yang bisa diandalkan kala itu kecuali amal ibadahnya masing masing.

Semua malaikat surga menggiring ahli surga menuju surga, malaikat penjaga neraka menggiring semua manusia untuk masuk neraka. Tiba-tiba Nabi Nuh AS melihat satu pemuda dari umatnya Rasulullah Muhammad SAW. dibawa oleh malaikat malik untuk dibawa ke neraka. Maka Rasulullah SAW mengejar malaikat Malik dan merebutnya. Akan tetapi ketika Rasulullah menjumpai malaikat Malik. Malaikat Malik menolak untuk melepas si pemuda itu karena dosa dosa yang sangat banyak. Akhirnya Alloh menyuruh malaikat untuk melakukan hisab dengan cara di timbang lagi. Ketika ditimbang amal si pemuda tersebut lebih berat kejelekannya dari pada kebaikannya , maka dengan diam diam Rasulullah mengeluarkan tulisan dari saku beliau, dengan mengejutkan timbangan si pemuda tersebut berbalik 180 derajat, menjadi berat. Sang pemuda bertanya kepada Rasulullah: wahai ki sanak siapa engkau?, beliau menjawab: aku adalah Rasulullah SAW. pemuda balik bertanya lagi: apa yang engkau keluarkan dari saku engkau wahai Rasul. Beliau menjawab: itu adalah catatan bacaan shalawat yang engkau baca ketika kamu di dunia.

 

BACAAN SALAM KEPADA RASULULLAH SAW.

Bacaan salam kepada Rasulullah SAW tidak asing lagi bagi kita :

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد و على ال سيدنا محمد

Dalam sebuah hikayah ada seorang sahabat Nabi yang ketika rumahnya didatangi nabi dan dibacakan salam oleh nabi, ia tidak kunjung keluar sampai Rasulullah SAW salam tiga kali. Setelah yang mempunyai rumah keluar, ditanya oleh Rasulullah:”wahai si fulan kenapa engkau tidak membukakan pintu rumahmu”. si fulan menjawab: Wahai Rasulullah aku ingin kau mendoakan aku selamat sehingga aku biarkan engkau mendoakan aku tiga kali (dengan bacaan salam dari rasululah 3 kali) sehingga orang tersebut merasa bahagia sebab sudah didoakan oleh rasulullah.

Tidak hanya manusia saja mau membaca salam dan didoakan oleh Rasulullah, akan tetapi hewan dan tumbuhan juga ada yang membacakan salam kepada Rasululah:

 

Salamnya batu kepada Rasulullah SAW

Telah diriwayatkan dari Imam Muslim dan Imam Ahad dengan sanad beliau dari Jabir bin samuroh RA. Ia berkata , bahwa Rasulullah SAW. bersada:

(إِنِّي لَاَعْرِفُ حَجَراً بِمَكَّةَ كَانَ يُسَلِّمُ عَلَيَّ قَبْلَ اَنْ اُبْعَثَ (رواه مسلم واحمد

 Artinya : “Sesungguhnya saya mengetahui batu yang ada di Makkah membaca salam kepadaku sebelum aku diutus menjadi rasul.

 

Kurma yang sudah dipanen, barokah salam dari Rasulullah buahnya berjatuhan.

 

Abu huroiroh RA. Pada suatu saat merasa kelaparan karena dalam satu hari ia belum makan Ia termasuk ashabus suf’ah (seorang sahabat yang nyantri dan menetap tinggal bersama Rasulullah, makan bersama Rasul dan membuat tempat istirahat di pinggir rumah Rasulullah). Ketika ia bertemu dengan Rasulullah dan menceritakan bahwa ia lapar , ternyata Rasulullah hanya tersenyum kepada Abu huroiroh karena beliau selama 3 hari belum makan.

Akhirnya Rasulullah mengajak Abu huroiroh mendatangi sahabat yang mempunyai kebun kurma. Abu Huroiroh agak semangat diajak Rasulullah ke kebun kurma. Ketika di perjalanan Rasulullah mampir ke Rumah putrinya sayyidah Fatimah RA. akan tetapi pintu rumah Sayyidah fatimah terkunci karena Sayyidina Ali KW sedang keluar rumah dan pakaian beliau bergantian dengan istrinya. Maka Rasululloh dan Abu Huroiroh meneruskan perjalanan menuju rumah sahabat pemilik kebun kurma, akan tetapi ketika sampai di rumah sahabat itu, sang sahabat berkata: maaf kurmanya sudah aku panen dan sudah ku jual. Mendengar jawaban dari sahabat itu, Abu Huroiroh merasa kecewa. Akan tetapi Rasulullah SAW. menyuruh Abu Huroiroh tetap menuju ke kebun dengan perintah beliau: wahai Abu huroiroh sampaikan salamku kepada kurma yang ada di kebun. Setelah ia sampai di kebun, ia tidak menemukan satu pun dari buah kurma, Abu Huroiroh teringat pesan Rasulullah untuk menyampaikan salam kepada pohon kurma, ketika ia menyampaikan salam dengan mengetuk pohon kurma sebanyak 3 kali maka ia mendapati buah kurma berjatuhan dari pohonnya dan ini adalah barokah dari habibina Rasulullah SAW. dengan barokahnya, pohon yang sudah tidak ada buahnya mendadak buahnya berjatuhan. Mungkinkah ini buah kurma yang turun dari surga. Subhanallah

 

Singa mengucapkan salam kepada Rasulullah

 

Rasulullah SAW sebelum diangkat menjadi Rosul beliau bekerja pada saudagar kaya yaitu siti khadijah, beliau berdagang. ketika beliau berdagang ditemani oleh maisyaroh seorang laki laki kepercayaan khadijah. Ketika di perjalanan melewati pegunungan tiba tiba ada singa menuju Rasulullah, maisyaroh ketakutan bukan main. Pada waktu singa mendekati Rasulullah SAW. Seekor singa itu tidak menerkam  beliau akan tetapi menyampaikan salam kepada Rasulullah: “Assalamualaikum ya Rasulullah”. Sungguh mulia beliau. Allahumma Sholli ‘ala Muhammad.

 

Pohon mendatangi Rasulullah SAW membaca Sholawat Nabi sambil sujud

Semua makhluk Allah SWT tunduk kepada Rasulullah SAW termasuk tumbuhan. Dalam kitab Burdah karangan imam Busiry terdapat satu nadhom:

جَاءتْ لِدَعْوَتِهِ الاَشْجَارُ سَاجدةً   *    تَمْشَي الَيْهِ عَلَى ساقٍ بِلاَ قَدَمِ

“Sebuah pohon berjalan dengan betis tanpa telapak kaki menuju Rasulullah sambil sujud”

Semoga menjadi amal jariyah, bermanfaat dan barokah.

 

Boleh Copypaste materi dari web ini, tapi jangan lupa cantumkan sumbernya ya. Terimakasih.

 

 

Tinggalkan komentar